Essential Oil Adalah

essential-oil-adalah-minyak-atsiri

essential-oil-adalah-minyak-atsiri

Essential Oil Adalah Minyak Atsiri

Minyak atsiri atau essential oil, atau dikenal juga sebagai minyak eterik (aetheric oil), minyak esensial (essential oil), minyak terbang (volatile oil), dan juga minyak aromatik (aromatic oil), adalah group besar minyak nabati yang bersifat cairan kental terhadap suhu area namun mudah menguap sehingga mengimbuhkan aroma yang khas. Minyak atsiri atau essential oil merupakan bahan dasar berasal dari minyak wangi atau minyak gosok (untuk pengobatan) alami. Di dalam perdagangan, hasil sulingan (destilasi) minyak atsiri atau essential oil dikenal sebagai bibit minyak wangi.

Para ahli biologi beranggap minyak atsiri atau essential oil sebagai metabolit sekunder yang biasanya berperan sebagai alat pertahanan diri sehingga tidak dimakan oleh hewan (hama) ataupun sebagai agensia untuk bersaing bersama dengan tumbuhan lain (lihat alelopati) dalam mempertahankan area hidup. Walaupun hewan kadangkala juga mengeluarkan bau-bauan (seperti kesturi berasal dari lebih dari satu musang atau cairan yang berbau menyengat berasal dari lebih dari satu kepik), zat-zat itu tidak digolongkan sebagai minyak atsiri atau essential oil.

Minyak esensial adalah “esensial” dalam makna bahwa ia mengandung “esensi” aroma tanaman — aroma khas tanaman berasal dari mana ia berasal. Istilah esensial yang digunakan di sini tidak bermakna terlampau diperlukan seperti dengan arti asam amino esensial atau asam lemak esensial yang disebut demikian karena nutrisi diperlukan oleh organisme hidup tertentu.  Berbeda dengan minyak berlemak, minyak atsiri atau essential oil umumnya menguap sepenuhnya tanpa meninggalkan noda atau residu.

Ciri-ciri Essential Oil

Minyak atsiri atau essential oil bersifat mudah menguap sebab titik uapnya rendah. Selain itu, susunan senyawa komponennya kuat mempengaruhi saraf manusia (terutama di hidung) sehingga seringkali mengimbuhkan efek psikologis tertentu. Setiap senyawa penyusun punyai efek tersendiri, dan campurannya sanggup membuahkan rasa yang berbeda. Karena efek psikologis ini, minyak atsiri atau essential oil merupakan komponen mutlak dalam aromaterapi atau kegiatan-kegiatan liturgi dan olah pikiran/jiwa, layaknya yoga atau ayurveda.

Minyak atsiri atau essential oil adalah cairan hidrofobik pekat yang mengandung senyawa kimia yang enteng menguap (mudah diuapkan terhadap suhu normal) berasal dari tanaman. Minyak atsiri atau essential oil termasuk dikenal sebagai minyak atsiri atau essential oil, minyak ethereal, aetherolea, atau hanya sebagai minyak tanaman berasal dari mana mereka diekstraksi, seperti minyak cengkeh.

Sebagaimana minyak lainnya, lebih dari satu besar minyak atsiri atau essential oil tidak larut dalam air dan pelarut polar lainnya. Dalam parfum, pelarut yang digunakan biasanya alkohol. Dalam kebiasaan timur, pelarut yang digunakan biasanya minyak yang mudah diperoleh, layaknya minyak kelapa.

Secara kimiawi, minyak atsiri atau essential oil tersusun berasal dari campuran yang rumit beragam senyawa, namun suatu senyawa tertentu biasanya bertanggung jawab atas suatu aroma tertentu. Sebagian besar minyak atsiri atau essential oil juga dalam golongan senyawa organik terpena dan terpenoid yang bersifat larut dalam minyak (lipofil).

Beberapa minyak atsiri atau essential oil penting bisa anda lihat di Home atau pada halaman Manfaat essential oil

Minyak atsiri atau essential oil umumnya diekstraksi dengan distilasi, seringkali dengan manfaatkan uap. Proses lain termasuk ekspresi, ekstraksi pelarut, sfumatura, ekstraksi minyak absolut, penyadapan resin, penyisipan lilin, dan pengepresan dingin. Mereka digunakan dalam parfum, kosmetik, sabun dan product lainnya, untuk membumbui makanan dan minuman, dan untuk menambahkan aroma terhadap dupa dan product pembersih rumah tangga.

Minyak esensial kerap digunakan untuk aromaterapi, suatu bentuk pengobatan alternatif di mana efek pengobatan diakui berasal berasal dari senyawa aromatik. Aromaterapi kemungkinan berguna untuk membuat relaksasi, tapi tidak ada bukti yang memadai bahwa minyak esensial bisa secara efisien membuat sembuh keadaan apa pun.

Penggunaan minyak atsiri atau essential oil yang tidak pas bisa membuat rusaknya termasuk reaksi alergi dan iritasi kulit, dan anak-anak kemungkinan terlampau rentan terhadap efek toksik berasal dari pemanfaatan yang tidak benar.

Sejarah Essential Oil

Minyak esensial sudah digunakan dalam pengobatan tradisional selama sejarah. Penyebutan tehnik dan metode yang paling awal yang digunakan untuk menghasilkan minyak atsiri atau essential oil diyakini berasal berasal dari Ibnu al-Baitar (1188-1248), seorang dokter, apoteker, dan pakar kimia Al-Andalusia (Muslim yang dikontrol Muslim).

Alih-alih merujuk terhadap minyak atsiri atau essential oil itu sendiri, karya-karya moderen umumnya mengkaji senyawa kimia spesifik yang terdiri berasal dari minyak atsiri atau essential oil. Misalnya: metil salisilat daripada “minyak wintergreen”.

Ketertarikan terhadap minyak atsiri atau essential oil sudah bangkit kembali dalam beberapa dekade paling akhir dengan popularitas aromaterapi, cabang pengobatan alternatif yang manfaatkan minyak atsiri atau essential oil dan senyawa aromatik lainnya.

Minyak diuapkan, diencerkan dalam minyak pembawa dan digunakan dalam pijatan, disebarkan di udara oleh nebulizer, dipanaskan di atas nyala lilin, atau dibakar sebagai dupa.

Aplikasi medis yang diusulkan oleh mereka yang menjual minyak obat berkisar berasal dari perawatan kulit hingga pengobatan kanker dan seringkali didasarkan hanya terhadap catatan peristiwa pemanfaatan minyak esensial untuk tujuan ini. Klaim untuk kemanjuran perawatan medis, dan perawatan kanker khususnya, sekarang tunduk terhadap regulasi di beberapa besar negara.

Produksi Essential Oil

Minyak esensial yang paling umum seperti lavender, peppermint, minyak pohon teh, patchouli, dan kayu putih disuling. Bahan tanaman mentah, yang terdiri berasal dari bunga, daun, kayu, kulit kayu, akar, biji, atau kulit, dimasukkan ke dalam alembic (alat distilasi) di atas air. Saat air dipanaskan, uap lewat bahan tanaman, menguapkan senyawa volatil. Uap mengalir melalui koil, di mana mereka mengembun kembali menjadi cair, yang sesudah itu dihimpun di bejana penerima.

Sebagian besar minyak disuling dalam satu proses. Satu pengecualian adalah ylang-ylang (Cananga odorata) yang dimurnikan melalui distilasi fraksional.

Air yang direkondensasi disebut sebagai hidrosol, hidrolat, sulingan herbal, atau esensi air tanaman, yang bisa dijual sebagai product wangi lainnya. Hidrosol termasuk air mawar, air lavender, lemon balm, clary sage, dan air bunga jeruk. Penggunaan distilat herbal dalam kosmetik meningkat.

Ekstraksi Essential Oil

Sebagian besar minyak kulit jeruk digambarkan secara mekanis atau ditekan dingin (mirip dengan ekstraksi minyak zaitun). Karena minyak dalam kuantitas yang relatif besar di kulit jeruk dan cost rendah untuk tumbuh dan memanen bahan baku, minyak buah jeruk adalah lebih tidak mahal daripada umumnya minyak esensial lainnya. Minyak lemon atau jeruk manis diperoleh sebagai product sampingan berasal dari industri jeruk.

Sebelum ditemukannya distilasi, semua minyak atsiri atau essential oil diekstraksi dengan menekannya.

Produk Essential Oil Rekomendasi

Sekarang ini mulai banyak bermunculan produk essential oil dari yang harga murah sampai jutaan rupiah, bagi anda yang merasa masih bingung cara memilihnya, disini kami berikan rekomendasi produk essential oil dengan hasil ekstrasi grade tertinggi tetapi dengan harga terjangkau.

Adapun harga yang murah dipasaran kebanyakan masih grade terendah. So.. jangan salah pilih, pilih yang sudah terbukti dan terbaik yaitu produk essential oil Essenzo yang bisa anda pesan di web ini (klik gambar).

Produk Essential Oil Minyak Atsiri Essenzo kualitas terbaik
Essential Oil Essenzo, Klik !

 

Peluang Usaha atau Bisnis Essential Oil

Diluar negeri sana, essential oil sudah terkenal dan banyak dipakai pengobatan sebagai aromatheraphy dan bisa menjadikan kekayaan bagi para pengusaha dan orang yang terkait didalamnya.

Di Indonesia produk ini baru dikenal satu atau dua tahun belakangan ini. kalau dilihat oleh orang pesimis tentunya akan selalu sulit mengembangkannya, tentunya kita harus sadar untuk hal ini, bisnis apapun pasti perlu effort yang lebih. Akan tetapi bagi orang yang optimis, ini adalah peluang besar, karena diluar negeri saja sudah terbukti berhasil, tinggal diperlukan produk yang bagus dan support sistem yang mumpuni, terutama di era digital marketing sekarang ini.

Nah sekarang peluang bisnis essential oil ini sudah ada yang bagus dengan suport system yang keren punya.

Selengkapnya bisa coba anda pelajari disini, klik !

Pencarian Lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *